Senin, 04 Februari 2013

Mahkluk – Mahkluk Ciptaan Allah



Allah SWT.menciptakan makhluknya dalam dua bentuk, yaitu bentuk yang nyata dan tidak nyata. Makhluk nyata, seperti manusia, tumbuh-tumbuhan, dan hewan, sedangkan yang tidak nyata atau gaib, seperti malaikat, jin, setan, dan iblis.

  1. Malaikat

  Malaikat adalah mahkluk yang diciptakan Allah SWT dari nur (cahaya) yang hanya memiliki akal tetapi tidak memiliki hawa nafsu, segala perintah yang Allah berikan kepada para Malaikat akan dilaksanakan secara langsung dan Malaikat selalu patuh akan perintah Allah SWT. Malaikat diciptakan  lebih dahulu daripada manusia.

Tugas-Tugas Malaikat :

1.                  Jibril      : Menyampaikan Wahyu Allah Kepada Para Nabi & Rosul.
2.                  Mikail      : Memberikan Rezeki Berupa Hujan DLL.
3.                  Isrofil      : Meniup Sangkakala Pada Hari Kiamat.
4.                  Izroil      : Mencabut Nyawa Makhluk Hidup.
5.                  Munkar      : Menanyakan & Menyiksa Manusia Di Dalam Kubur.
6.                  Nakir      : Menanyakan & Menyiksa Manusia DI Dalam Kubur.
7.                  Rokib      : Mencatat Amal Baik Manusia.
8.                  Atid      : Mencatat Amal Buruk Manusia.
9.                  Malik      : Menjaga Pintu Neraka.
10.              Ridwan      : Menjaga Pintu Surga.




  1. Iblis

 Iblis adalah mahkluk Allah SWT  yang terbuat dari api, Iblis sangat sombong dan tinggi hati karena tidak mau bersujud kepada Nabi Adam, manusia pertama, Iblis tidak akan mati sampai hari kiamat. Iblis ditugaskan Allah hanya untuk menyesatkan manusia dengan segala cara.


  1. Jin

 Jin diciptakan oleh Allah SWT dari api. Allah SWT menyebutkan bahwa jin itu diciptakan dari api yang sangat panas, juga disebutkan terbuat dari nyala api, Jin memiliki umur hingga hari kiamat tiba. Jin ditugaskan untuk menyembah Allah SWT.



  1. Manusia

Setelah menciptakan Malaikat dan Jin. Allah SWT menciptakan mahkluk yang terbuat dari tanah dan segumpal darah yang disebut dengan manusia. Manusia diberi kelebihan berupa akal dan hawa nafsu.

Manusia pertama yang diciptakan Allah adalah Nabi Adam AS. Dia diberi kelebihan berupa ilmu yang luas, sehingga Allah menyuruh Malaikat,Jin dan Iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam AS. Manusia ditugaskan untuk beribadah kepada Allah SWT.



  1. Hewan

Hewan adalah ciptaan Allah yang tidak memiliki akal, Hewan tidak berkewajiban untuk menjalankan ibadah kepada Allah. Hewan memiliki hawa nafsu yang tinggi, Hewan cenderung melakukan hal yang tidak baik seperti membunuh. Hewan dikelompokan sebagai : Karnivora, Herbivora, Omnivora dan Insektivora.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar