Senin, 15 Juli 2013

5 Alat Musik Tradisional India

1. Bansuri
http://images.bidorbuy.co.za/user_images/017/413017_zenflute8.jpg 
 
Bambu merupakan tanaman yang mudah ditemui di daratan Asia, sehingga tidak heran apabila banyak alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Di India, suling yang dikenal dengan nama bansuri menjadi alat yang hampir mendominasi komposisi musik tradisional India.


2. Sarangi
http://guitarkadia.com/wp-content/uploads/2009/08/sarangi.jpg
Alat musik tradisional India yang satu ini dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan piyul layaknya biola dan cello. Sarangi merupakan alat musik yang identik dengan musik rakyat Rajasthani. Seperti gitar namun lebing cembung (memiliki tiga ruang), memiliki tiga senar melodi dan 35 senar simpatetis.


3. Sarod
http://www.hmtrad.com/catalog/strings/images/sarod.jpg 
 
Sarod berasal dari bahasa Persia yang artinya ‘melodi’ atau ‘suara yang indah,’ keberadaanya sangat penting dalam khazanah musik Hindustan (India). Cara memainkan sarod hampir sama dengan tampura dan sitar, dipetik.



4. Mridangam
http://stealmydrums.com/wp-content/uploads/2013/03/12370240115L.jpg
Alat musik tradisional India yang satu ini terbuat dari sebuah batang kayu, masyarakat Hindustan mengenalnya dengan nama mridangam. Perkusi yang memiliki dua permukaan pukulan, digunakan untuk mengiringi musik melodi dalam komposisi tradisional India.



5. Sitar
http://www.buckinghammusic.com/sitar/Surbahar.jpg
Sitar merupakan alat musik tradisional yang mengharumkan India di khazanah musik dunia. Tentu saja hal ini dimungkinkan atas perjuangan para musisi kontemporer berdarah India, yang mencintai musik nenek moyangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar