Jumat, 06 Desember 2013

Jenis - Jenis Harimau

Harimau Malaya
Foto harimau Malaya
Mereka hanya dapat ditemukan di daerah bagian selatan dari semenanjung Malaysia. Harimau Malaya merupakan ikon nasional negara Malaysia. Harimau jenis ini baru diakui sebagai salah satu subspesies harimau pada tahun 2004. Saat ini diperkirakan jumlah Harimau Malaya hanya sekitar 500 ekor.

Harimau Siberia
Foto Harimau Siberia
Harimau ini juga dikenal dengan nama Harimau Amur karena mereka hidup di wilayah Amur-Ussuri jauh disebelah Timur Siberia.Mereka adalah jenis harimau terbesar dan terkuat di antara semua jenis kucing liar di dunia.

Harimau Sumatra
Foto harimau Sumatera
Harimau jenis ini hanya bisa ditemukan di Pulau Sumatera. Harimau Sumatera merupakan jenis harimau yang berukuran paling kecil dari semua spesies harimau.

Harimau Bengal

Harimau jenis ini disebut juga sebagai Harimau IndiaDaerah penyebaran harimau bengal antara lain India, Bhutan, Bangladesh, dan Nepal. Habitat Harimau Bengal adalah di padang rumput aluvial, hutan hujan tropis, hutan tropis, hutan lembab, hutan kering, dan hutan Mangrov.


Harimau Cina Selatan
Foto Harimau Cina Selatan
Mereka juga sering disebut dengan nama harimau Xiamen. Mereka adalah subspesies harimau yang paling terancam punah saat ini. Bahkan mereka juga pernah masuk dalam 10 binatang paling terancam punah di dunia. Diperkirakan saat ini hanya ada sekitar 59 ekor harimau Cina Selatan, dimana semuanya berada di Cina.

Harimau Indocina
Foto harimau Indocina
Harimau ini juga disebut dengan Harimau Corbet dan dapat ditemukan di wilayah Kamboja, China, Laos, Thailand, Burma, dan Vietnam. Harimau ini ukurannya lebih kecil dan lebih gelap dibandingkan dengan Harimau Bengal. Habitat harimau indoncina adalah hutan di daerah gunung atau perbukitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar