Jumat, 19 September 2014

10 Patung Raksasa Paling Ikonik Di Dunia

10. Laykyun Setkyar - Monywa, Myanmar

Dengan tinggi patung 116 meter, Laykyun Setkyar adalah patung tertinggi kedua di dunia dan jika ditambahkan dengan tempat singasana ia berdiri (13,5 m) maka patung ini memiliki tinggi sekitar 129 meter. Dibangun di atas bukit Po Kaung dekat desa Khatakan Taung, Monywa, Myanmar. Turis dari berbagai belahan dunia datang untuk melihat patung raksasa yang membutuhkan waktu 11 tahun untuk dibangun ini. Di dalam patung ini berisikan atas 31 lantai yang menggambarkan 31 alam kehidupan.

9. Guan Yu of Yuncheng - Shanxi, Cina

Dibangun pada tahun 2010, patung dengan tinggi 61 meter ini dikatakan melambangkan umuranya saat ia meninggal dan podium tempat ia berdiri (19 m) melambangkan umurnya saat ia meninggalkan Yuncheng.

8. Spring Temple Buddha - Henan, Cina

Inilah patung yang ikonik karena tingginya, yaitu Spring Temple Buddha. Bagaimana tidak? Patung ini memiliki tinggi total 128 m dimana sudah termasuk lotus di bawahnya namun jika ditambahkan lagi dengan semua sanggaan tempat berdirinya maka total tinggi patung ini adalah 153 meter. Secara resmi adalah patung tertinggi yang ada di dunia.

7. The Motherland Calls - Volgograd, Rusia

Patung The Motherland atau The Motherland Calls adalah patung raksasa di Rusia yang dibangun sebagai bentuk penghormatan atas Pertempuran Stalingrad, yakni perperangan antara Nazi Jerman dengan Uni Soviet untuk memperebutkan kota Stalingrad (sekarang adalah Volgograd). Volgograd sendiri adalah kota pusat industri dan administratif Rusia.

6. Leshan Giant Buddha - Leshan, Cina 

Telah ada sejak abad ke-8, Leshan Giant Buddha adalah patung batu Buddha terbesar di dunia. Yang menakjubkan adalah patung ini dipahat dari sebuah tebing raksasa oleh seorang biksu pada abad tersebut.Mengahadap ke tiga sungai serta Gunung Emei, salah satu warisan dunia yang juga adalah tempat spiritual para kaum Buddha.

5. The Merlion of Sentosa - Sentosa, Singapura

Merlion, adalah mahluk mitologi yang digambarkan memiliki bentuk setengah singa dan setengah ikan. Mereka dipercaya adalah mahluk melambangkan kemakmuran dan Singapura menjadikan mereka sebagai ikon pelindung kemakmuran negara Singapura. Legenda mengatakan bahwa Merlion akan mengunjungi Sentosa setiap tahunnya dan dikatakan pada suatu malam tiba-tiba badai besar menyambar pulau tersebut. Untungnya Merlion melawan badai besar itu dengan kekuatan magis dan hingga sekarang menjaga pulau tersebut.

4. Mount Rushmore Monument - South Dakota, USA

Pahatan patung di Gunung Rushmore mungkin memang tidak sebesar atau setinggi patung-patung lain di daftar ini namun pahatan patung ini tidak kalah ikonik dibandingkan pahatan patung raksasa lainnya. Patung ini sendiri merupakan pahatan yang menggambarkan Presiden Amerika George Washington, Abraham Lincoln, Thomas Jefferson, dan Theodore Roosevelt.

3. Christ The Redeemer - Rio de Janeiro, Brazil

Christ The Redeemer atau disebut juga Christo Redentor adalah patung Tuhan Yesus yang berlokasikan di Rio de Janeiro, Brazil atau lebih tepatnya di puncak Gunung Corovado. Di puncak gunung tersebut Anda dapat melihat panorama Rio de Janeiro dimulai dari pelabuhan Guanabara di Utara hingga Lagoa Rodrigo de Freitas di Selatan. Patung ini sendiri bertinggakan 30 m ditambah dengan tempat berdirinya 9.5 m maka patung ini memiliki total ketingian 39.6 m.

2. Statue of Liberty - New York, USA

The Statue of Liberty atau Patung Liberty, hadiah dari Perancis untuk merayakan deklarasi kemerdekaan Amerika adalah salah satu patung di dunia yang paling terkenal dan simbolik. Berdiri di Liberty Island, New York, USA, ia melambangkan seorang wanita mengenakan sejenis garmen bergaya Roma, dengan mahkota dan sandal, menginjak sebuah rantai yang telah rusak, dan juga membawa obor ikonik di tangan kanannya dengan tablet hukum (tablet ansata).

1. Great Sphinx of Giza - Giza, Mesir

Sphinx sendiri adalah mahluk mistis yang digambarkan memiliki badan singa namun dengan kepala manusia. Terletak di dataran tinggi Giza, ia adalah patung raksasa yang dikenal seluruh dunia. Memiliki panjang 73,5 m, lebar 19,3 m, dan tinggi 20,22 m, ia juga merupakan monumen pahatan tertua di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar